Home / Berita / Kabupaten Serdang Bedagai

Pelatihan SID Guna Mensukseskan Desa Melalui Teknologi


By Vivi Purnama 2018-10-09

BITRA (Bina Keterampilan Pedesaan) Indonesia melakukan pelatihan pengembangan Sistem Infomasi Desa (SID) danJurnalistik kepada 25 peserta yang hadir terdiridari 3 kabupaten 6 kecamatan 11 desa. Pelaksana pelatihan pengembangan Sistem Informasi Desa ini dilaksanakan selama 3 hari di hotel polonia yang dipimpin oleh Iswan Kaputra.

Pelatihan ini dilakukan guna mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di desa desa, sehingga masyarakat ,aparatur desa dapat bekerja lebih mudah dengan adanya Sistem Informasi Desa ini. Sebelum memulai pelatihan IswanKaputra selaku Manager RD-ICT membuat peraturan “Peraturan ini dibuat untuk kedisiplinan kita dalam mengikuti pelatihan SID ini sampai selesai”. Beberapa peraturan yang sama sama disepakati seperti peserta tidak boleh memegang hp dan laptop sebelum dibutuhkan dan yang paling menarik adalah peserta akan diberitoleransi 5 menit terlambat masuk tapi setelah lewat waktu toleransi, peserta diwajibkan membayar dendaRp. 5000 rupiah di setiap 1 menit selanjutnya. Hal ini dilakukan agar membentuk kedisiplinan peserta, karena cara ini yang paling efektif dalam membentuk kedisiplinan menurut Iswan Kaputra.

Dalam kata pengghantarnya, Iswan Kaputra menjelaskan bagaimana terciptanya SID bermula dari terjadinya bencana alam gunung meletus di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten. Pasalnya saat bencana alam terjadi aparatur desa tersebut kesulitan menyelamatklan data data desa, dan saat melakukan evakuasi warga, pemerintah desa kesulitan untuk mendata warganya yang selamat maupun yang tidak selamat, dan SID ini sendiri dikembangkan oleh Combine, lalu BITRA membantu pengenalan SID ini ke Desa Desa yang bermitra dengan BITRA.

Setelah kata penghantar yang disampaikan oleh IswanKaputra tentang pengenalan SID dan sejarahnya, acara dilanjutkan dengan belajar mengembangkan aplikasi web SID yang disampaikan oleh Incen Dan Helmi Fachri selaku pasilitator. Dimulai dari penginstalan aplikasi kemudian masuk kedalam system pengelolahan penduduk serta cara memasukkan data penduduk kemudian mempublikasikan potensi desa, berita desa dan produk unggulan desa. Harapan para panitia pelaksana, SID ini dapat dikembangkan dengan baik didesa desa dampingan BITRA, dan dapat bermanfaat lebih untuk masyarakat dan aparatur desa.

About Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa
View all posts by: Admin

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Bupati Sergai Buka Bursa Inovasi Desa Program Inovasi Desa

By Vivi Purnama 2018-10-02

Sei Rampah, Sebagai forum penyebaran dan per...

Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Desa Tahun 2018

By Vivi Purnama 2018-10-04

Sei Rampah, Undang-undan...

Pelatihan SID Guna Mensukseskan Desa Melalui Teknologi

By Vivi Purnama 2018-10-09

BITRA (Bina Keterampilan Pedesaan) Indonesia melak...

Terbaru