Home / Berita / Kabupaten Serdang Bedagai

P3A Ampuh Hingga Air Mengalir Sampai Jauh


By Vivi Purnama 2018-10-16

Sejak Januari lalu, Kelembagaan Perkumpulan Petani Pengguna air (P3A) Desa Pegajahan, Kecamatan Pegajahan, Kabupaten Serdang Bedagai telah terbentuk. Pembentukan yang dihadiri oleh lebih dari duapertiga petani pengguna air di Desa Pegajahan ini menghasilkan 3 nama sebagai pengurus, yaitu Turino sebagai ketua, Alamsyah sebagai bendahara dan Herianto sebagai sekretaris serta seluruh petani pengguna air yang ada di desa pegajahan yang secara otomatis disepakati menjadi anggota.

Pembentukan P3A tersebut sesuai dengan dasar hukum, diantaranya UU No 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air, PP No.20 Tahun 2006 tentang Irigasi, Permen PU No.33 Tahun 2007 tentang Pedoman Pemberdayaan P3A, dan Permentan No.79 Tahun 2012 tentang Pedoman Pembinaan dan Pemberdayaan Perkumpulan Petani Pengguna Air.

Mulai sejak dilaksanakan pembentukan, pengurus P3A Desa Pegajahan langsung aktif mengelola dan mengatur pengairan di Desa Pegajahan. Hal itu dikarenakan dalam waktu dekat petani di Desa Pegajahan akan memasuki masa turun sawah. Setelah sebelumnya petani sempat melakukan program penanaman palawija selama tiga bulan untuk memutus rantai hama serta untuk mengembalikan unsur hara yang hilang.

“ Agar pendistribusian air lancar, pertama kita harus memastikan bahwa jaringan irigasi sudah bersih dan tidak ada sampah-sampah yang tersumbat sehingga air dapat mengalir dengan baik. Oleh karena itu, baru-baru ini kami telah mempekerjakan beberapa orang untuk membersihkan saluran irigasi yang tertimbun sampah atau yang sudah dangkal untuk dilakukan perbaikan kembali. Baru setelah itu, kita alirkan air secara bergantian ke parit-parit persawahan milik petani dan memastikan bahwa seluruh petani mendapatkan air. Sedangkan untuk upah para pekerja, kami menggunakan dana swadaya dari para anggota”, ucap Herianto, sekretaris P3A saat ditemui tim jurnalis warga dikediamannya.

Lebih lanjut Heri mengatakan bahwa fungsi dari adanya P3A itu sendiri adalah untuk mendistribusikan air irigasi secara adil dan efisien, mengelola konflik yang terjadi diantara pemakai air secara adil, serta memelihara jaringan irigasi tingkat usaha tani, baik irigasi teknis maupun irigasi desa secara baik dan berkesinambungan.

Adapun yang telah dilakukan oleh Pengurus P3A Desa Pegajahan adalah, pengurus P3A Desa Pegajahan telah mampu mengatasi masalah kesulitan petani dalam mendapatkan air. Hal ini terbukti dengan makin banyaknya petani yang dulu menjadikan sawahnya untuk lahan darat karena kesulitan mendapatkan air, tetapi setelah adanya P3A dan pengairan irigasi menjadi lancar, mereka mengembalikan fungsi lahannya untuk ditanami padi kembali. “saya sangat bersyukur dengan adanya P3A ini. Kalau sebelumnya saya kesulitan mendapatkan air, tapi setelah dibentuk P3A, saluran irigasi jadi bersih dan air bisa sampai ke sawah saya yang letaknya jauh dari sumber air”. Ucap Iwan Ginting, salah satu petani yang merasakan manfaat dari adanya P3A di Desa Pegajahan.

Oleh karena itu, keberadaan P3A sangat penting bagi petani. Dengan pengelolaan yang baik, P3A akan mampu mengatasi masalah-masalah yang dihadapai oleh petani, teruma masalah pengairan yang selama ini menjadi masalah utama bagi sebagian petani yang letaknya jauh dari sumber air.

About Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa
View all posts by: Admin

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Bupati Sergai Buka Bursa Inovasi Desa Program Inovasi Desa

By Vivi Purnama 2018-10-02

Sei Rampah, Sebagai forum penyebaran dan per...

Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Desa Tahun 2018

By Vivi Purnama 2018-10-04

Sei Rampah, Undang-undan...

Pelatihan SID Guna Mensukseskan Desa Melalui Teknologi

By Vivi Purnama 2018-10-09

BITRA (Bina Keterampilan Pedesaan) Indonesia melak...

Terbaru